Mengenal Lebih Dekat Teknologi Pintar Honda

18 Mar 2015

logo-hstHallo semua, kembali lagi admin Blogger Java akan membahas tentang otomotif, khususnya tentang sepeda motor Honda. Pada pembahasan kali ini saya akan fokuskan pada Teknologi Pintar Honda atau Honda Smart Technology. Saya sendiri belum begitu paham tentang apa saja teknologi pintar dari Honda, untuk itu mari kita sama-sama belajar untuk mengenal lebih dekat teknologi pintar Honda.

Seperti kita ketahui, bahwa Honda merupakan merk sepeda motor yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Sebagai pelopor industri sepeda motor di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) telah memproduksi sepeda motor dengan mempersembahkan kombinasi teknologi pintar dan fitur canggih, seperti Enhanced Smart Power (eSP), PGM-FI, Combi Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS), Answer Back System (ABS) dan LED Headlight.

hst

Mungkin diantara kalian semua ada yang masih awam dengan teknologi pintar Honda ini, untuk itu marilah kita bahas bersama-sama tentang Teknologi Pintar Honda ( Hondasmarttech ).

Enhanced Smart Power (eSP)

esp

eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. Inilah generasi terbaru mesin matic Honda yang diterapkan secara global. Dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan.

Teknologi Enhanced Smart Power (eSP) ini memiliki beberapa komponen dan keunggulan, seperti :

komponen-esp

1. ACG Starter dan ISS. Teknologi canggih yang menggabungkan generator dan starter, yang berguna mengurangi gesekan untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus. Komponen ini sangat pas digabungkan dengan Idling Stop System (ISS).

2. Fuel Injector skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. Komponen ini sudah dipatenkan oleh Honda.

3. Roller Rocker Arm pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada As Rocker Arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen yang didesain khusus oleh Honda ini pun sudah dipatenkan.

4. Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran bahan bakar.

5. Offset Cyclinder dan Spiny Sleeves.
Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft. Sedangkan Spiny Sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat.

6. Light Weight Piston & Crankshaft. Sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu.Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedangkan kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.

7. Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan.

8. Built in Liquid Cooling System. Adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang lebih baik.

9. V-Matic. Transmisi otomatis yang memiliki rasio lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi.

10. Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja.

Beberapa produk sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi eSP ini, seperti All New Honda Beat, All New Honda PCX, Vario 125 dan Vario 150.

produk-honda-esp

PGM-FI

pgmfi

PGM-FI merupakan sistem injeksi ramah lingkungan pertama di Indonesia. Hal ini disebabkan karena teknologi ini dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat guna. Hal ini menyebabkan kebutuhan mesin dapat dicukupi secara tepat dan tidak berlebih. Dan produk Honda yang telah memakai teknologi ini adalah Supra X 125.

Combi Brake System (CBS)

cbs

Combi Brake System (CBS) merupakan gabungan antara rem depan dan belakang yang mampu menghasilkan pengereman yang optimal pada kendaraan bermotor. Hal ini karena sistem ini membuat motor tidak berhenti secara mendadak. Bukan tanpa alasan. Kedua rem, depan dan belakang, bersinergi menciptakan proses pelambatan laju motor hingga benar-benar berhenti secara tepat. Pada akhirnya teknologi ini mampu mendistribusikan hasil pengereman secara merata. Dan beberapa varian Honda yang menerapkan teknologi CBS ini adalah Honda Beat, Honda Vario CW 110 FI, Honda Vario Techno 125 dan Honda CBR 250R.

Idling Stop System (ISS)

iss

Idling Stop System (ISS) merupakan sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah. Hal ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu sekaligus mengurangi emisi gas buang. Pada akhirnya akan membuat performa mesin dan aki tetap irit. Dan beberapa varian Honda yang menggunakan teknologi ISS ini adalah Honda PCX 150, Honda Beat, dan Honda Vario Techno 125 CBS ISS.

Answer Back System (ABS)

abs

Answer Back System (ABS) merupakan sistem yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote dan receiver yang terpasang pada sepeda motor. Dengan fitur ini pengguna terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis hanya dengan melihat tanda berupa kedipan lampu sein dan suara yang dihasilkan buzzer. Dan beberapa varian Honda yang menggunakan teknologi ini adalah Scoopy FI, Vario FI dan All New PCX.

LED Headlight

led

LED Headlight merupakan teknologi untuk menghemat daya dengan sorot lampu terang. Mengingat panas yang dihasilkan rendah, membuat pemakaian energi lebih hemat.

Yah itulah semua teknologi pintar yang diciptakan untuk motor Honda, semoga dengan hadirnya teknologi pintar Honda ini bisa menambah wawasan kita akan Honda Smart Technology.

Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang” untuk itu sudah sepantasnya kita berhak tau dengan mengenal semua teknologi yang diciptakan. Dan sudah saatnya semua orang bisa turut berpartisipasi menciptakan Indonesia yang lebih baik bersama Honda.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Teknologi Pintar Honda yang diselenggarakan oleh BLOGdetik bersama PT. Astra Honda Indonesia.

Sumber referensi dan gambar :

  • http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/
  • http://welovehonda.com/esp/
  • http://welovehonda.com/hondapgm-fi/




TAGS Teknologi Pintar Honda Honda Smart Technology Honda Teknologi Pintar Hondasmarttech eSP Matic


-

Author

Follow Me